Wednesday, May 21, 2008

Final Thomas Cup - Wow!!

Final Thomas Cup, 18 Mei 2008, berlangsung sangat memuaskan. Sepanjang partai yang berlangsung begitu menegangkan. Korea bermain sangat bagus melawan China yang telah memenangkan tujuh kali Thomas Cup.

Partai pertama, hampir saja Korea merebut angkat pertama. Sung bermain baik pada set pertama mengalahkan Lin Dan. Namun, pada set kedua Lin Dan membalas dan akhirnya memenangkan partai pertama. Memang Lin Dan saat ini menduduki peringkat satu dunia dan Sung peringkat 12 dunia yang mengalahkan Sony pada semifinal. Namun, stamina Sung terlihat kurang baik, dimana pada partai ketiga ia bermain kurang jika dibandingkan pada set pertama. Lin Dan yang staminanya baik mampu membalik keadaan.

Partai kedua berhasil direbut Korea. Ganda nomer 3 dunia dari korea berhadapan dengan ganda nomer 2 dunia dari China. Korea berhasil menang dua set langsung melalui gandanya yang salah satu pemainnya masih sangat muda, sekitar 20 tahun. Sungguh permainan yang pantas disebut sebagai level dunia. Saya masih membayangkan ketika menonton final ini, jika saja Indonesia yang maju ke final, saya masih yakin Indonesia akan mengalahkan China.

Tunggal kedua China, Bao, yang menduduki peringkat tiga dunia bermain sangat baik mengalahkan tunggal kedua Korea. Terlihat pada set pertama hampir saja Korea dapat menang, namun, tunggal Korea ini kurang menyerang, sehingga set pertama dan kedua langsung direbut China. Pada set kedua, permainan tunggal korea ini sangat menurun dan begitu mudah dikalahkan China.

Partai keempat, juga hampir direbut Korea. Pada set pertama, Korea kalah, namun berhasil merebut set kedua dan memaksakan set ketiga. Namun, sayang, pada set ketiga, permainan ganda korea ini begitu menurun, sehingga China dapat memenangkan Thomas Cup untuk ketujuh kalinya.

Untuk kesekian kalinya China berhasil mengawinkan Thomas dan Uber. Saat ini, Indonesia masih menjadi negara terbanyak yang memenangkan piala Thomas dengan 13 kali, dan China dengan 11 kali memenangkan Uber Cup. Namun, suatu sejarah baru diukir dalam Thomas Cup, dimana untuk pertama kalinya Korea berhasil menembus Final dan untuk pertama kalinya juga mengalahkan Indonesia dalam Thomas Cup. Dalam final Thomas Cup yang lalu, juga terlihat begitu bersemangatnya Korea untuk bermain baik dan mengalahkan China. Saya rasa semangat ini perlu ditiru oleh Tim Thomas Indonesia. Saya masih berharap, dalam ajang berikutnya Indonesia dapat merebut kembali Thomas Cup dan juga Uber Cup. Bravo Indonesia!!


Berikut Pertandingan Final Thomas Cup 2008.



Berikut daftar pertandingan China hingga ke final.

Berikut daftar pertandingan korea hingga ke final.
Berikut daftar pertandingan Thomas Cup 2008.

Berikut bagan pertandingan Thomas Cup 2008.

Thomas Cup

Round 1 Quarter Finals Semi Finals Finals Winner






1 CHN[CHN] China




CHN[CHN] China


2 Bye




CHN[CHN] China

3 NZL[NZL] New Zealand
3-0


THA[THA] Thailand


4 THA[THA] Thailand 3-0





CHN[CHN] China
5 MAS[MAS] Malaysia

3-2

MAS[MAS] Malaysia


6 Bye




MAS[MAS] Malaysia

7 JPN[JPN] Japan
3-0


JPN[JPN] Japan


8 GER[GER] Germany 3-2






CHN[CHN] China
9 CAN[CAN] Canada


3-1

KOR[KOR] Korea


10 KOR[KOR] Korea 3-0




KOR[KOR] Korea

11 Bye
3-2


DEN[DEN] Denmark


12 DEN[DEN] Denmark





KOR[KOR] Korea
13 ENG[ENG] England

3-0

ENG[ENG] England


14 NGR[NGR] Nigeria 3-0




INA[INA] Indonesia

15 Bye
3-0


INA[INA] Indonesia


16 INA[INA] Indonesia


No comments: